Senin, 02 Januari 2012

Budaya kota LAMONGAN

BUDAYA TARI BORAN
DARI KOTA LAMONGAN
MAKALAH
Disusun untuk Memenuhi Tugas Matakuliah
Ilmu Sosial Budaya Dasar
yang Dibina oleh Ibu Daroe Istiwaningsih
 Oleh:

Happy Dwi Izzati
201010430311383

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
JANUARI 2011
BAB I
PENDAHULUAN

1. LATAR BELAKANG
            Tari BORAN (Sego Boran) adalah penggambaran suasana kehidupan para penjual Nasi Boran di Kabupaten Lamongan dalam menjajakan dagangannya dan berinteraksi dengan pembeli. Kesabaran, gairah, dan semangat serta ketangguhan adalah semangat mereka dalam menghadapi ketatnya persaingan dan beratnya tantangan hidup untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Iwak kutuk, sambel, sili, plethuk, peyek, gimbal, empuk adalah ciri khasku, Nasi Boran khas Lamongan. Dalam penampilan Tari Boranan, dibawakan secara berpasangan degan membawa properti bakul ( boran). Irama dalam Tari Boran ini naik turun. Kadang kala gerakannya lambat, kadang kala gerakannya menjadi cepat. Selain itu, tidak mudah menemukan ratusan siswi yang benar-benar memiliki bakat seni.
Setiap ada kegiatan kesenian, Tari Boranan selalu mengisi acara tersebut. Termasuk juga vestifal HJL ( Hari Jadi Lamongan ) Tari Boranan juga ditampilkan yang dibawakan oleh 440 putri Lamongan bertepatan dengan Hari Jadi Lamongan yang ke- 440 di alun - alun Kota Lamongan. Para penari terlihat begitu lincah, serasi dan kompak dalam membawakan Tari Boranan. Para warga terlihat antusias dan datang berbondong untuk memperingati Hari Jadi Lamongan.
2. Rumusan Masalah
  1. Apa saja prestasi Tari Boran ?
  2. Kapan saja Tari Boran di adakan ?

3. Tujuan
1. Mengetahui prestasi Tari Boran
2. Mengetahui kapan Tari Boran di adakan
BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Prestasi Tari Boran
Tari Boran diadakan pada tahun 2006 untuk mengikuti FESTIVAL KARYA TARI JAWA TIMUR (FKT JATIM) di Taman Krida Budaya Malang pada tanggal 28 Juli 2006. Dalam FKT JATIM 2006 tersbut Tari Boran meraih 7 dari 8 kategori yang dinominasikan, yaitu :
  1. 3 penata tari unggulan
  2. Penata tari terbaik
  3. 3 penata rias busana unggulan
  4. Penata rias dan busana terbaik
  5. 5 penyaji unggulan
  6. Penyaji terbaik antar wilayah Parama Nitya gatra budaya Purwa
  7. Penyaji terbaik
Dengan menyabet gelar Juara Umum maka Kabupaten Lamongan mewakili Jawa Timur untuk maju ke tingkat Nasional. Pada tanggal 14 Agustus 2007 Tari Boran maju ke tingkat Nasional dalam even PARADE TARI NUSANTARA 2007 di Sasana Langen Budaya TMII Jakarta, dibawakan oleh 8 penari. Dalam even ini Tari Boran mewakili Jawa Timur kembali meraih Juara Umum dengan meraih 8 dari 9 nominasi, yaitu :
  1. 5 penata tari unggulan
  2. 5 penata musik unggulan
  3. 5 penata rias busana unggulan
  4. Penata tari terbaik
  5. Penata musik terbaik
  6. Penyaji unggulan antar wilayah Jawa Bali
  7. 10 penyaji unggulan
  8. Penyaji terbaik.
Dengan meraih gelar juara umum maka Propinsi Jawa Timur kembali membawa PIALA BERGILIR IBU TIEN SOEHARTO untuk ketiga kalinya.

2.2 Pelaksanaan Tari Boran
            Pelaksanaan Tari Boran biasanya dilaksanakan pada acara-acara seperti:
1. Hari Jadi Lamongan ( HJL)
2. Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)
3. Hari Kemerdekaan Indonesia ( 17 agustus ), dll.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
            Tarian ini menceritakan tentang bagaimana sulitnya perjuangan para penjual Nasi Boran khas Lamongan. Kebudayaan ini sangat membanggakan kota Lamongan, karena Tarian ini telah memperoleh banyak prestasi yang luar biasa. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Lamongan biasanya menampilkan Tarian ini, supaya para warga Lamongan mengetahui bahwa Lamongan mempunyai kesenian yang luar biasa.

3.2 Saran
            Kebudayaan Tari Boran yang ada di lamongan ini perlu di lestarikan, supaya tidak di clam atau di tiru oleh kota lain. Tarian ini sebaiknya mulai di ajarkan pada anak-anak usia dini, supaya mereka bisa melestarikannya.

DAFTAR PUSTAKA

http://disbudpar-lamongan.web.id/wisata-budaya/63-tari-boran 
( Diakses pada tanggal 4 Januari 2011)
http://ajeng100894.blogspot.com/2009/05/tari-boran.html 
(Diakses pada tanggal 4 Januari 2011)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Design By: Dafiin Defandaky